SELAMAT DATANG DI DESA JATILUWIH "CATUR SWADHARMANING DESA JATILUWIH" 1.TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARANSI,BERSIH DAN MANDIRI, 2.POLA PEMBANGUNAN DESA BERBASIS MASYARAKAT YANG MANDIRI DAN BERKESINAMBUNGAN. 3.PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MANDIRI DALAM MEWUJUDKAN TABANAN ERA BARU YANG AMAN,UNGGUL,MADANI ( AUM )  

PENDAMPINGAN BPKP PROV BALI DALAM TATA KELOLA KEUANGAN DESA JATILUWIH

Admin | 24 Februari 2024 01:08:07 | Berita Desa | 212 Kali

Jatiluwih-Kamis,22 Februari 2024- Bertempat di aula Kantor Desa Jatiluwih yang dihadiri oleh Perwakilan BPKP Propinsi Bali,kasi PMD kecamatan penebel,Perbekel Desa Jatiluwih,Sekdes,Kasi,kaur,Ketua BPD Desa.

Turunnya perwakilan BPKP Provinsi Bali melakukan pengawasan terhadap Tata Kelola Akuntabilitas Keuangan Desa dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, dan partisipatif dalam bentuk pengawasan yang dilakukan baik secara monitoring maupun evaluasi.

Beberapa indikator yang menjadi sasaran dalam kegiatan evaluasi ini meliputi perencanaan keuangan desa, prioritas belanja desa, bauran kebijakan pemerintah pusat dan daerah terkait belanja desa, akuntabilitas keuangan desa, pemanfaatan keuangan desa, tata kelola keuangan desa, dan efektivitas keuangan desa.

Pengawasan tersebut dilaksanakan untuk mengidentifikasi permasalahan pada proses perencanaan keuangan desa, mengidentifikasi prioritas belanja desa, mengidentifikasi ketepatan bauran kebijakan pemerintah pusat dan daerah terkait belanja desa, mengidentifikasi tren target dan realisasi sumber keuangan desa untuk mendorong kesejahteraan masyarakat desa, dan memberikan saran perbaikan agar tata kelola dan akuntabilitas keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lebih lanjut oleh Perwakilan BPKP Propinsi Bali menekankan Pendamping Desa bertujuan untuk mengawal penggunaan serta memastikan agar penggunaan Dana Desa sesuai dengan sasarannya. Program-program prioritas penggunaan Dana Desa yang meliputi penanganan kemiskinan esktrem, program ketahanan pangan dan hewani, program pencegahan dan penurunan stunting skala desa, dan program sektor prioritas di desa melalui bantuan permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta program pengembangan desa sesuai potensi dan karakteristik desa.

Tahapan penyaluran DD disederhanakan dari 3 (tiga) tahap menjadi 2 (dua) tahap untuk meningkatkan kinerja penyaluran DD agar lebih baik dan mempermudah desa yang berada pada remote area.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PEMPROV BALI PEMKAB TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
DTW PRODESKEL

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jatiluwih - Penebel No: 202
Desa : Jatiluwih
Kecamatan : Penebel
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82152
Telepon : -
Email : desajatiluwihtabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung