SELAMAT DATANG DI DESA JATILUWIH "CATUR SWADHARMANING DESA JATILUWIH" 1.TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARANSI,BERSIH DAN MANDIRI, 2.POLA PEMBANGUNAN DESA BERBASIS MASYARAKAT YANG MANDIRI DAN BERKESINAMBUNGAN. 3.PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MANDIRI DALAM MEWUJUDKAN TABANAN ERA BARU YANG AMAN,UNGGUL,MADANI ( AUM )  

ADA APA DI DESA JATILUWIH

Admin | 06 Oktober 2022 09:12:49 | Berita Desa | 1.323 Kali

Desa Jatiluwih merupakan salah satu Daerah Tujuan Wisata yang terletak dikecamatan Penebel,Kabupaten Tabanan,Provinsi Bali. Berada didaerah pegunungan dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Berjarak 47 km dari Kota Denpasar dan 26 km dari Tabanan. Desa Jatiluwih merupakan daerah pertanian dan perkebunan dan mayoritas kehidupan sehari-hari menjadi petani.

Daerah yang memiliki pemandangan alam nan indah yang patut dilihat oleh wisatawan saat berlibur di Bali.Keindahan terasering sawah dengan sistem irigasi subak membuat Jatiluwih menjadi salah satu tempat yang kerap dikunjungi wisatawan yang telah tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 2012.

Berkunjung dan berfoto-foto di Jatiluwih akan memberi pengalaman menarik tersendiri. Selain karena pemandangan sawah yang indah serta sistem irigasi yang memiliki nilai tersendiri. Adapun nilai yang dimaksud adalah nilai agama Hindu yaitu Tri Hita Karana atau falsafah hidup yaitu harmonisasi hubungan antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan manusia, dan antara manusia dengan alam. Sambil menikmati persawahan terasering yang masuk dalam sistem pengairan subak, wisatawan juga bisa melihat hamparan perbukitan dan pepohonan rindang di sekitarnya, pengunjung yang datang ke Desa Jatiluwih juga bisa belajar bertani.

Melalui konsep wisata agro, masyarakat Jatiluwih menawarkan pembelajaran terkait pertanian, subak, dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan pertanian seperti pengolahan lahan pertanian (membajak sawah),menanam padi,panen padi,ritual keagamaan terkait proses pertanian.

Berkeliling desa

Jika ingin menikmati seluruh keindahan Desa Jatiluwih, wisatawan bisa berkeliling menggunakan sepeda yang disewakan oleh masyarakat setempat. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa trekking di beberapa area yang telah disediakan. Jika lelah,pengunjung bisa istirahat sebentar di beberapa warung milik warga.

Produk beras merah khas

Jatiluwih merupakan salah satu faktor yang membuat subak Jatiluwih ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO adalah Padi Bali merah yang merupakan varietas padi lokal. Desa Jatiluwih merupakan produsen utama beras merah. Warna, bau, rasa serta manfat dari beras merah berbeda karena tidak menggunakan pestisida. Saat berkunjung ke Jatiluwih, beras merah dan teh beras merah merupakan oleh-oleh andalan khas Desa Jatiluwih.

Air Terjun Yeh Hoo merupakan air terjun tersembunyi yang berlokasi tidak jauh dari kawasan wisata Jatiluwih. Air terjun yang tersembunyi di balik tegalan. Jalur menuju ke air terjun tidak sulit, cukup menuruni anak tangga saja. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuruni anak tangga tersebut terbilang cukup singkat. Pengunjung tidak perlu buru-buru karena pemandangan di sepanjang jalan tidak kalah indahnya. Setibanya di anak tangga terakhir, pengunjung sudah bisa melihat derasnya air dengan ketinggian 8 meter yang mengalir melalui bebatuan besar dan pepohonan rindang.

 

Komentar atas ADA APA DI DESA JATILUWIH

Lalan 23 Januari 2024 17:30:11
Kami ada rencana rombongan mau study banding hasil padi. Mohon informasinya. Brg kali ada no contact person yg bisa saya hub utk membicarakn lebih lanjut. Bisa di email k email sy. Terima kasih
I nyoman karyawan 18 Oktober 2022 11:35:29
Apakah boleh kami dari BPD Desa Ped Kecamatan Nusa Penida Klungkung untuk berkunjung sekaligus sharing pengelolaan wisata di Desa Jati Luwih?

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PEMPROV BALI PEMKAB TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
DTW PRODESKEL

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jatiluwih - Penebel No: 202
Desa : Jatiluwih
Kecamatan : Penebel
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82152
Telepon : -
Email : desajatiluwihtabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung