SELAMAT DATANG DI DESA JATILUWIH (WELCOME TO JATILUWIH) SELALU PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERKUNJUNG  

PEMBANGUNAN PURA PUSEH DAN BALE AGUNG DESA ADAT GUNUNGSARI

Admin | 31 Juli 2022 17:40:45 | Berita Desa | 187 Kali

Pembangunan Pura Puseh dan Bale Agung Desa Adat Gunungsari pasca robohnya kayu Beringin yang berlokasi di Desa Adat Gunungsari,Desa Jatiluwih,Kecamatan Penebel,Kabupaten Tabanan,Bali. Setelah memalui proses rapat Krama Adat Desa Pakraman Gunungsari antara Bendesa Adat Gunungsari I Ketut Widadi dan prajuru beserta Krama adat Gunungsari sepakat melanjutkan pembangunan dan perbaikan pura Puseh dan Bale Agung desa adat Gunungsari.

Guna melancarkan pelaksanan pembangunan sesuai peraturan Bendesa adat membentuk Panitia Pembangunan Desa Adat Gunungsari dengan surat Keputusan Bendesa Adat No : 06/DAG/IV/2022. Keanggotaan pengurus Panitia Pembangunan diambil dari unsur masyarakat sesuai hasil kesepakatan rapat krama adat.
Pembangunan meliputi perluasan pelemahan utama Mandala,penataan ulang pelinggih,pembangunan dan penyervisan pelinggihdan atap pelinggih.

Dana Pembangunan pura Puseh dan Bale Agung desa adat Gunungsari bersumber dari dana APBD Semesta Berencana Tahun Anggaran 2022,iuran krama adat sebesar 500 rb per KK adat dari 360 kk pengempon, donasi/Punia,pengadaan kupon Punia berhadiah,serta bantuan dari pihak ke tiga.

Panitia Pembangunan bersama Bendesa dan prajuru serta pemangku adat selaku pelaksana pembangunan terlebih dahulu membuat sketsa Pelinggih serta membuat RAB pembangunan. Dalam pelaksanaanya panitia pembangunan menggunakan sistem tender dengan mencari harga bangunan terendah dan pengerjaan sistem gotong-royong Krama Adat untuk bangunan yang bisa dikerjakan oleh krama adat.Adapun hasil dari tender antara lain: Meru tumpang 7 dengan tender 170 jt,bataran Pelinggih dan jro Nyoman diluar pondasi 27 jt,bataran Piasan 15 jt,tembok dan pilar 60 jt,pembangunan padmasana 38 jt,pemasangan atap duk dan servis duk sebesar 40 jt,pembangunan Piasan diatas pondasi 59,5 jt,taksu 4 jt,pembangunan senderan dan pondasi Pelinggih dikerjakan secara gotong-royong Krama adat gunungsari dengan RAB kurang lebih 87 jt.

Perencanaan pembangunan tahap awal dengan RAB 500,5 jt selesai bulan Desember 2022. Adapun beberapa banguan lainnya seperti dapur/pewaregan,WC,penataan halaman,bale kul-kul kelanjutannya mengikuti sisa dana yang terkumpul.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PEMPROV BALI PEMKAB TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
DTW PRODESKEL

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jatiluwih - Penebel No: 202
Desa : Jatiluwih
Kecamatan : Penebel
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82152
Telepon : -
Email : desajatiluwihtabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung