SELAMAT DATANG DI DESA JATILUWIH "CATUR SWADHARMANING DESA JATILUWIH" 1.TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARANSI,BERSIH DAN MANDIRI, 2.POLA PEMBANGUNAN DESA BERBASIS MASYARAKAT YANG MANDIRI DAN BERKESINAMBUNGAN. 3.PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MANDIRI DALAM MEWUJUDKAN TABANAN ERA BARU YANG AMAN,UNGGUL,MADANI ( AUM )  

PELAKSANAAN PROGRAM SEMARA RATIH DI DESA JATILUWIH

Admin | 10 Mei 2024 15:09:13 | Berita Desa | 90 Kali

Jatiluwih- Jumat,10 Mei 2024,Bertempat di Banjar Dinas Gunungsari Kelod, Pemerintah Desa Jatiluwih melaksanakan Program SEMARA RATIH sebagai wujud tindak lanjut dari program unggulan Pemerintah Kabupaten Tabanan, dalam upaya untuk mengurangi masalah stunting.

Acara Penyerahan dihadiri PLKB Kecamatan Penebel bersama Perbekel Desa Jatiluwih,Bendesa Adat Gunungsari,Kader TPK Desa Jatiluwih,Bidan Desa,Kasi Pemerintahan Desa Jatiluwih,Kawil Gunungsari Kelod,Babinsa,Babhinkamtibnas,Ketua TP PKK Desa Jatiluwih.

Kegiatan yang telah diawali dengan layanan konseling pranikah oleh Perbekel,Bendesa Adat Gunungsari,Babinsa,Babhinkamtibnas,Bidan Desa,PLKB,Kader TPK Desa, serta pencatatan perkawinan oleh staf Pemerintanan dan Kawil. Program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya persiapan pernikahan, termasuk persiapan fisik dan mental untuk memiliki keluarga yang sehat dan sejahtera.Saat konselting Calon pengantin diberikan edukasi tentang persiapan kehamilan, kesehatan reproduksi gizi saat kehamilan, dan pola pengasuhan anak serta KB. Bendesa adat, memberikan pemahaman antara lain tentang kewajiban setelah menjadi suami-istri terkait soal kehidupan sosial masyarakat. Terutama masyarakat Hindu Bali yang kental menjunjung adat-istiadat. Babinkamtibmas dan babinsa memberikan konseling tentang hukum untuk menghindari kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), yang bisa mengancam keutuhan rumah tangga.

Selain itu, calon pengantin juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berkonsultasi dengan TPK. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon pengantin memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya persiapan pernikahan.

Dalam pelaksanaan Program Semara Ratih diserahkan Akta Nikah oleh Bapak Perbekel Jatiluwih mewakili Bapak Camat Penebel  kepada pengantin a/n I Gede Putu Wisnu Griya Winata dengan Bunga Gusnia yang didampingi Tim Pendanping Keluarga ( TPK ) dan pihak Keluarga Mempelai.

 

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PEMPROV BALI PEMKAB TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
DTW PRODESKEL

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jatiluwih - Penebel No: 202
Desa : Jatiluwih
Kecamatan : Penebel
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82152
Telepon : -
Email : desajatiluwihtabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung