SELAMAT DATANG DI DESA JATILUWIH "CATUR SWADHARMANING DESA JATILUWIH" 1.TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARANSI,BERSIH DAN MANDIRI, 2.POLA PEMBANGUNAN DESA BERBASIS MASYARAKAT YANG MANDIRI DAN BERKESINAMBUNGAN. 3.PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MANDIRI DALAM MEWUJUDKAN TABANAN ERA BARU YANG AMAN,UNGGUL,MADANI ( AUM )  

BULAN BAHASA BALI KE-VI TAHUN 2024 "JANA KERTHI DHARMA SADHU NURAGA" DESA JATILUWIH

Admin | 06 Februari 2024 13:02:00 | Berita Desa | 1.195 Kali

Jatiluwih - Selasa,06 Februari 2024,bertempat diaula Kantor Desa Jatiluwih dalam rangka Pengimplementasian Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali,pemerintan desa Jatiluwih telah melaksanakan Bulan Bahasa Bali ke-VI tahun 2024.

Diawali dengan rapat persiapan pembentukan panitia yang melibatkan unsur desa dinas dalam hal ini Pemdes Jatiluwih dan unsur Desa Adat Jatiluwih dan Gunungsari.
Kegiatan Bulan Bahasa Bali Tahun 2024 menggunakan sumber dana dari Dana Desa sebesar 16 jt,dana semesta berencana dari masing-masing Desa Adat sebesar 3 jt serta dana dari pihak ke-3 dalam hal ini DTW jatiluwih sebesar 2 jt.

Selanjutnya pada rapat berikutnya dibahas terkait wimbakara (lomba ) yang akan dilaksanakan. Antara lain Festival Nyurat Lontar yang di wakili oleh perangkat desa dan prajuru dari masing-masing adat dan manajer DTW Jatiluwih, lomba mapidarta bahasa bali dari perwakilan masing-masing banjar adat se-desa jatiluwih, lomba karaoke lagu pop bali antar banjar dinas se-desa jatiluwih dan lomba Nyurat Aksara Bali antar SD se-desa jatiluwih.

Pelaksanaan BBB ke-VI ini dengan tema “Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga” yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali.

Acara dipandu oleh koordinator Panitia Bulan Bahasa Bali Ke- VI dari penyuluh bahasa bali Desa Jatiluwih Ni Komang Ayu Sri Trisna Dewi,S.S yang selanjutnya dibuka oleh perbekel Desa Jatiluwih I Nengah Kartika,S.Sos yang didampingi oleh Bendesa Adat Jatiluwih & Gunungsari.

Acara dihadiri oleh Tim Juri dari Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Penebel,Perangkat Desa dan Staf Desa Jatiluwih,ketua BPD beserta anggotanya,Babhinkamtibnas,Babinsa,Guru SD 1,2,3 Jatiluwih dan anak-anak SD 1 Jatiluwih serta peserta lomba.

Rangkaian Wimbakara ( lomba) berakhir sekitar jam 12.30 dilanjutan dengan pengumumam Jayanti ( Juara ) dari masing-masing lomba.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PEMPROV BALI PEMKAB TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
DTW PRODESKEL

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jatiluwih - Penebel No: 202
Desa : Jatiluwih
Kecamatan : Penebel
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82152
Telepon : -
Email : desajatiluwihtabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung