SELAMAT DATANG DI DESA JATILUWIH "CATUR SWADHARMANING DESA JATILUWIH" 1.TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARANSI,BERSIH DAN MANDIRI, 2.POLA PEMBANGUNAN DESA BERBASIS MASYARAKAT YANG MANDIRI DAN BERKESINAMBUNGAN. 3.PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MANDIRI DALAM MEWUJUDKAN TABANAN ERA BARU YANG AMAN,UNGGUL,MADANI ( AUM )  

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA ( MMD ) TERKAIT TINDAK LANJUT KEGIATAN SURVEY MAWAS DIRI ( SMD )

Admin | 03 November 2023 11:22:52 | Berita Desa | 283 Kali

Jatiluwih - Jumat,03 Nopember 2023,bertempat di Aula Kantor Desa Jatiluwih,Pemerintah Desa Jatiluwih bersama UPTD Puskesmas Penebel I mengadakan Musyawarah Masyarakat untu membahas tindak lanjut Survey Mawas Diri (SMD).

Musyawarah dihadiri oleh Petugas Kesehatan dari UPTD Puskesmas I Penebel,Ketua TP.PKK dengan mengajak Ketua Pokja,Ketua BPD Desa Jatiluwih,Kawil se-desa Jatiluwih,Ketua Kader Posyandu beserta Sekretaris Kader Posyandu,Kader Desa Siaga,Bidan Desa,KPM Desa,Babinsa,Babhinkamtibnas Desa Jatiluwih.
Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dan Survey Mawas Diri ( SMD ) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan kesehatan.

Survey Mawas Diri ( SMD ) merupakan kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan atau perawat di desa.

SMD sangatlah penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang di hadapi, mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada di dalam lingkungannya itu sendiri, timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah kesehatan dan pentingnya masalah tersebut segera teratasi, serta mampu untuk mengenal sumber daya yang di miliki. Dari hasil Survey Mawas Diri UPTD Puskesmas I Penebel kemudian di jadikan dasar untuk menyusun permasalahan yang dihadapi.

Hasil Survey Mawas Diri (SMD) di Desa Jatiluwih terdapat 2 masalah terpilih yang meliputi : ada warga yang tidak memilah sampah,ada keluarga tidak memiliki TOGA.
Semoga dengan SMD ini akan meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik, dengan peningkatkan kualitas perilaku hidup sehat serta lingkungan masyarakat yang diperbaiki dengan budaya hidup sehat.

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PEMPROV BALI PEMKAB TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
DTW PRODESKEL

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Jatiluwih - Penebel No: 202
Desa : Jatiluwih
Kecamatan : Penebel
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82152
Telepon : -
Email : desajatiluwihtabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung